Minggu, 02 Desember 2012

MODIFIKASI SUZUKI JIMNY 1981 Custom


JIP - Kali pertama bertemu Fajar Syahputra di event off-road Kab. Lahat tahun lalu, dahi  saya seketika berkerut. Membayangkan ceritanya yang harus menempuh perjalanan 4 hari dari kota Kisaran, Sumatera Utara menuju Kab. Lahat. Jadi kalau di hitung--untuk mengikuti event off-road di Kota Lahat--Fajar membutuhkan 8 hari untuk pulang-pergi ditambah 3 hari event. Totalnya 11 hari, ck...ck...ck., waktu yang cukup panjang untuk membuat sebuah ekspedisi adventure.

“Soalnya di kota Kisaran, jarang ada event mas. Kalaupun ada, hanya peserta lokal,” alasan Fajar. “Padahal saya pengin ketemu dengan banyak off-roader dari berbagai daerah.” amun aksi nekat menempuh perjalanan 8 hari via darat ini dijabanin Fajar dengan semangat. Bahkan demi mengghilangkan kesan lama, Fajar pun selalu mengajak seluruh keluarga besarnya untuk menemani perjalanan ini. “Jadi perjalanan bisa terasa lebih mengasyikkan,” ujar pria yang berdinas di Kejaksaan Negeri Bagan Siapiapi, Riau ini.

Tak heran jika dalam setiap event, rombongan tim Rambate Rata Raya Hobies (R3H) asal kota Kisaran ini selalu riuh. Dari mulai anak, istri, kakak, adik, keponakan, bapak, ibu, kakek, paman, semuanya ada. “Semua keluarga besar ikut. Kita berkompetisi, keluarga bertamasya,” kekeh Fajar.

Demi ikut event-event berkala nasional, bapak satu putri ini pun serius menggarap modifikasi jipnya. Basic bahannya dipilih Suzuki Jimny 1981 yang kemudian dipasangi mesin H20 V6 2.000 cc. “Biar enggak malu-maluin jika ketemu off-roader senior yang sering malang melintang di event kompetisi off-road.”

Modal berani tanya jadi persyaratan wajib dalam membangun modifikasi ini. Dua  jawara Jimny kelas 1.000 cc—M Fiddoh dan Joko Jangkrik—diakui Fajar sebagai inspiratornya. Bahkan tak jarang, Fajar pun menelepon keduanya untuk sekadar bertukar pikiran.       “Jadi selain berkompetisi, off-road itu juga bisa menambah saudara. Semua jadi soulmate kaya nama si Jimny ini.” tutupnya
Ngomong-ngomong kalau ke Jawa bisa sebulan perjalanan nih.. he...he...he

Mesin

Jauh-jauh ikut kompetisi kurang oke kalo bekalnya pas-pasan. Maka diputuskan untuk mengganti mesin 1.000 cc nya dengan mesin baru berkapasitas lebih besar. Pilihannya mesin Suzuki H20 V6 2.000cc. Mesin ini sama persis dengan mesin yang dipakai oleh Djoko Jangkrik pada ‘Predatornya’. Bahkan Fajarpun membocorkan rahasia, kalau mesin ini disetting oleh mekanik yang sama. Mantap!

Gardan

Hasil mencari info dari berbagai sumber membuahkan kolaborasi gardan FJ40 custom untuk depan dan gardan Suzuki Jimny Samurai sumbu lebar untuk belakang.  Gardan FJ40 dipilih karena kekuatannya terutama pada as rodanya.  Sedangkan gardan Samurai karena ukuran dan final girnya yang pas sesuai kebutuhan. Supaya settingan mesin baru tak banyak kesulitan karena sama-sama produk Suzuki. Final gir terpasang 8:43. 

Sokbreker

Fajar tahu benar akan kebutuhan primer menyoal sokbreker di ajang kompetisi. Karena selain menyangkut soal kenyamanan, sokbreker juga berperan besar dalam hadling kendaraan. Keputusannya memakai King coilovershock dengan travel 12’ (depan-belakang). Sementara bumpstop memakai Profender 3’. Pemasangan suspensi coilovershock memerlukan link suspensi comotan dari .....

Pelek

Pelek beadlock  custom dipasangi ban Simex Extreme Trekker 31’. Ukuran ban pas dengan final gir yang dipasang. Sementara tapak ban Simex terbukti cukup andal di trek off-road ekstrem

Jok

Jok buket Sparco yang dibungkus ulang ditambahkan dengan safetybelt Crow Enterprises. Jaminan keamanan karena memeluk erat driver dan co-driver saat melibas trek.

Bak belakang
Dimensi Jimny yang sempit memaksa Fajar menggunakan ruang dengan bijaksana. Sisa ruang belakang dipakai untuk tempat tangki bensin dan 2 buah aki MF merek Rocket dan Delkor 100 ampere. Winch Warn 8274-M50 yang sudah mengadopsi double motor ternyata ditempatkan di bagian belakang untuk perimbangan bobot.

Dasbor

Dasbor berbahan pelat aluminum. Dengan meter indikator simpel namun fungsional. Stir mengadopsi merek Momo. Lalu di depan co-driver disiapkan pipa besi pengangan. “Untuk menghindarkan reflek tangan co-driver menahan jip ketika terguling.”

Spesifikasi Teknis
Sasis   
Suzuki Jimny 1981

Bodi    
Custom

Mesin       
Suzuki H20 V6,  2.000cc

Girboks  
Custom Suzuki SJ410

Gardan    
Jimny Samurai sumbu lebar (belakang)  dan  Toyota FJ40 custom (belakang)

Finalgir    

8: 43

Locker   
Lock las (belakang), Air Locker ARB (depan)

Alternator  

Bosh 140amp bosch.

Aki        

2 MF Delkor dan Rocket 100amp.

Winch
    
8274-M50 double motor custom by hobbies WS

Solenoid  

Albright

Sokbreker  

King coilovershock 12’ (depan-belakang)

Jok       

Sparco Custom.

Pelek    

Beadlock Custom

Ban     

Simex Extreme Treker 31’

Bumpstop   

Profender 3”

Lampu      

2 Buah lampu LED vision dan  2 buah  Warn

Safety belt   

Crow Enterprises 4 titik

Rem       

Disk Brake Jimny Custom 

Bengkel   

R3H Workshop
Jl Lintas Sumut, Simpang Kongsi 6, Kisaran, Sumatera Utara



Tidak ada komentar:

Posting Komentar