MODIFIKASI SUZUKI JIMNY 1981 Custom
JIP - Kali pertama bertemu Fajar Syahputra di event
off-road Kab. Lahat tahun lalu, dahi saya seketika berkerut.
Membayangkan ceritanya yang harus menempuh perjalanan 4 hari dari kota
Kisaran, Sumatera Utara menuju Kab. Lahat. Jadi kalau di hitung--untuk
mengikuti event off-road di Kota Lahat--Fajar membutuhkan 8 hari untuk
pulang-pergi ditambah 3 hari event. Totalnya 11 hari, ck...ck...ck.,
waktu yang cukup panjang untuk membuat sebuah ekspedisi adventure.
“Soalnya
di kota Kisaran, jarang ada event mas. Kalaupun ada, hanya peserta
lokal,” alasan Fajar. “Padahal saya pengin ketemu dengan banyak
off-roader dari berbagai daerah.” amun aksi nekat menempuh perjalanan 8
hari via darat ini dijabanin Fajar dengan semangat. Bahkan demi
mengghilangkan kesan lama, Fajar pun selalu mengajak seluruh keluarga
besarnya untuk menemani perjalanan ini. “Jadi perjalanan bisa terasa
lebih mengasyikkan,” ujar pria yang berdinas di Kejaksaan Negeri Bagan
Siapiapi, Riau ini.
Tak heran jika dalam setiap event, rombongan
tim Rambate Rata Raya Hobies (R3H) asal kota Kisaran ini selalu riuh.
Dari mulai anak, istri, kakak, adik, keponakan, bapak, ibu, kakek,
paman, semuanya ada. “Semua keluarga besar ikut. Kita berkompetisi,
keluarga bertamasya,” kekeh Fajar.
Demi ikut event-event berkala
nasional, bapak satu putri ini pun serius menggarap modifikasi jipnya.
Basic bahannya dipilih Suzuki Jimny 1981 yang kemudian dipasangi mesin
H20 V6 2.000 cc. “Biar enggak malu-maluin jika ketemu off-roader senior
yang sering malang melintang di event kompetisi off-road.”
Modal
berani tanya jadi persyaratan wajib dalam membangun modifikasi ini. Dua
jawara Jimny kelas 1.000 cc—M Fiddoh dan Joko Jangkrik—diakui Fajar
sebagai inspiratornya. Bahkan tak jarang, Fajar pun menelepon keduanya
untuk sekadar bertukar pikiran. “Jadi selain berkompetisi,
off-road itu juga bisa menambah saudara. Semua jadi soulmate kaya nama
si Jimny ini.” tutupnya
Ngomong-ngomong kalau ke Jawa bisa sebulan perjalanan nih.. he...he...he
Mesin
Jauh-jauh
ikut kompetisi kurang oke kalo bekalnya pas-pasan. Maka diputuskan
untuk mengganti mesin 1.000 cc nya dengan mesin baru berkapasitas lebih
besar. Pilihannya mesin Suzuki H20 V6 2.000cc. Mesin ini sama persis
dengan mesin yang dipakai oleh Djoko Jangkrik pada ‘Predatornya’. Bahkan
Fajarpun membocorkan rahasia, kalau mesin ini disetting oleh mekanik
yang sama. Mantap!
Gardan
Hasil mencari info dari
berbagai sumber membuahkan kolaborasi gardan FJ40 custom untuk depan dan
gardan Suzuki Jimny Samurai sumbu lebar untuk belakang. Gardan FJ40
dipilih karena kekuatannya terutama pada as rodanya. Sedangkan gardan
Samurai karena ukuran dan final girnya yang pas sesuai kebutuhan. Supaya
settingan mesin baru tak banyak kesulitan karena sama-sama produk
Suzuki. Final gir terpasang 8:43.
Sokbreker
Fajar
tahu benar akan kebutuhan primer menyoal sokbreker di ajang kompetisi.
Karena selain menyangkut soal kenyamanan, sokbreker juga berperan besar
dalam hadling kendaraan. Keputusannya memakai King coilovershock dengan
travel 12’ (depan-belakang). Sementara bumpstop memakai Profender 3’.
Pemasangan suspensi coilovershock memerlukan link suspensi comotan dari
.....
Pelek
Pelek beadlock custom dipasangi ban Simex
Extreme Trekker 31’. Ukuran ban pas dengan final gir yang dipasang.
Sementara tapak ban Simex terbukti cukup andal di trek off-road ekstrem
Jok
Jok
buket Sparco yang dibungkus ulang ditambahkan dengan safetybelt Crow
Enterprises. Jaminan keamanan karena memeluk erat driver dan co-driver
saat melibas trek.
Bak belakang
Dimensi Jimny yang
sempit memaksa Fajar menggunakan ruang dengan bijaksana. Sisa ruang
belakang dipakai untuk tempat tangki bensin dan 2 buah aki MF merek
Rocket dan Delkor 100 ampere. Winch Warn 8274-M50 yang sudah mengadopsi
double motor ternyata ditempatkan di bagian belakang untuk perimbangan
bobot.
Dasbor
Dasbor berbahan pelat aluminum. Dengan
meter indikator simpel namun fungsional. Stir mengadopsi merek Momo.
Lalu di depan co-driver disiapkan pipa besi pengangan. “Untuk
menghindarkan reflek tangan co-driver menahan jip ketika terguling.”
Spesifikasi Teknis
Sasis
Suzuki Jimny 1981
Bodi
Custom
Mesin
Suzuki H20 V6, 2.000cc
Girboks
Custom Suzuki SJ410
Gardan
Jimny Samurai sumbu lebar (belakang) dan Toyota FJ40 custom (belakang)
Finalgir
8: 43
Locker
Lock las (belakang), Air Locker ARB (depan)
Alternator
Bosh 140amp bosch.
Aki
2 MF Delkor dan Rocket 100amp.
Winch
8274-M50 double motor custom by hobbies WS
Solenoid
Albright
Sokbreker
King coilovershock 12’ (depan-belakang)
Jok
Sparco Custom.
Pelek
Beadlock Custom
Ban
Simex Extreme Treker 31’
Bumpstop
Profender 3”
Lampu
2 Buah lampu LED vision dan 2 buah Warn
Safety belt
Crow Enterprises 4 titik
Rem
Disk Brake Jimny Custom
Bengkel
R3H Workshop
Jl Lintas Sumut, Simpang Kongsi 6, Kisaran, Sumatera Utara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar