Minggu, 02 Desember 2012

TOYOTA FJ40 1978
 
JIP- Buat pria yang kerap disapa dokter Jack, dunia off-road adalah bagian dari pelepasan stress. Dengan menginjak pedal gas jip dan melahap berbagai handicap di trek off-road membuat beban pekerjaannya sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram sedikit berkurang.

“Pokoknya kalau sudah di dalam kabin jip ini semua persoalan bisa sedikit dilupakan. Hehehehe,” bilang penyuka masakan Rawon ini. Makanya jangan kaget jika setiap ada kesempatan dokter Jack pasti menyempatkan diri untuk mencicipi berbagai trek off-road.

Mulanya Suzuki Jimny Sierra 1984 dipakai sekadar mengisi waktu luang saja tanpa terlibat dalam irama kompetisi. Beberapa kali Suzuki Sierranya dipakai juga untuk mencicipi aroma kompetisi. Namun karena keseringan bergaul dengan para offroader Mataram yang menyukai kompetisi akhirnya pria ramah ini memutuskan membangun sebuah kendaraan tempur yang kompetitif.

Agar tak ketinggalan jauh dengan lawan-lawannya, spek FJ40 keluaran 1978 yang dimodifikasi semi tubular ini pun disesuaikan kebutuhan trek off-road sekarang. Suspensi yang oke dan mesin kencang jelas dibutuhkan.

Berhubung kaki dokter Jack lumayan ganas maka mesin eks Jeep TJ Wrangler 6 silinder segaris 4.000 cc dipilih untuk memenuhi keinginannya. “Sebelumnya sempat pakai mesin Cherokee. Lalu saya  ganti  mesin TJ Wrangler. Sambil eksperimen mana yang paling oke di trek off-road,” begitu alasan dokter Jack.

Jangan kaget jika melihat sosok berkelir kuning ini ketika bermain off-road. Di bawah kendali dokter Jack yang terkenal dengan keganasan kakinya, FJ40 custom ini melaju  lumayan kencang ketika melumpur. Seperti iklan salah satu kendaraan di Indonesia dulu Wuss.. Wuss... akhirnya finish juga.

Yang unik, dr. Jack kurang menyukai suara knalpot yang terlalu berisik. Sengaja suaranya dibuat seperti orang mendesis kepedasan. “Dengan suara seperti ini aku lebih bisa mengontrol jip semitubularku,” tegas dokter Jack
Sssshhh... ssshhh... ! Awas kepedasan!


Spesifikasi Teknis

Model           
Toyota FJ40 1978
Sasis           
FJ40 tubular custom
Bodi           
Custom
Mesin           
Jeep TJ Wrangler
Kapasitas       
4.000 cc
Konfigurasi       
6 Silinder Segaris
Girboks       
3 Speed Manual Toyota
Transfer Case       
CJ7
Gardan           
Toyota FJ40
Locker           
ARB Air Locker (depan – belakang)
Rasio           
1 : 4.56
Sokbreker       
Fabtec (depan-belakang)
Per           
Leaf Spring Old Man EMU (depang – belakang)
Rem           
Cakram (depan-belakang)
Pelek           
Beadlock
Ban           
Simex Extreme Treker 35”
As Roda       
Long Field
Jok           
Hobbies Workshop (Mastercraft Custom)
Sabuk Pengaman   
Simpson
Stir           
Momo
Dasbor           
OEM Cherokee
Winch           
Warn 8274 custom double motor winch (depan)
Warn M8000 (belakang)
Aki            
Optima Yellow Top (2 Unit), G-Force Titanium (1 unit)
Lampu Utama       
Night Breaker
Fender           
Custom
Bengkel       
Dikerjakan Sendiri





1 komentar:

  1. Need To Increase Your ClickBank Banner Traffic And Commissions?

    Bannerizer made it easy for you to promote ClickBank products by banners, simply go to Bannerizer, and grab the banner codes for your picked ClickBank products or use the Universal ClickBank Banner Rotator to promote all of the ClickBank products.

    BalasHapus