Rabu, 28 November 2012


JEEP WILLYS MB 1944
JIP - Memperoleh warisan dari orang tua Jeep Willys pada 1980 setelah sang ayah berpulang, membuat Nono Purwidwiyanto justru makin mencintai kendaraan bikinan Amerika ini. “Sempat juga ikutan adventure off-road tapi enggak lama. Main Jeep orisinal ternyata jauh lebih mengasyikan,” bilang Nono.




Pengalaman tidak puas akibat bertemu bengkel tak bertanggungjawab, membuat pria kelahiran Semarang namun dibesarkan di daerah Menteng Jakarta Pusat bertekad belajar sendiri seluk beluk Jeep lawas. “Keluhan dari teman-teman sesama penyuka Jeep tua yang merasa tertipu makin mendorong saya untuk mendalami Jeep tua lebih serius. Biar bisa saling berbagi pengalaman,” imbuhnya.








Selama lebih dari 20 tahun Nono terus mengumpulkan berbagai literatur bahkan akhirnya berani melakukan restorasi sendiri. Salah satu masterpiece yang dia bikin adalah Jeep Willys MB 1944 ini. “Memang tidak semua komponen ini orisinal. Tetapi tetap saya usahakan nantinya bisa kembali utuh seperti Jeep keluaran pabrik,” tekad pemilik akun FB Tikus Got ini.




Secara terperinci Nono menjelaskan jika 60% komponen Willys ini orisinal, 30% reproduksi dan 10% modifikasi. Bagian yang direproduksi salah satu contohnya adalah bodi Willys yang didatangkan langsung dari MD Juan – Philipina, pabrik yang memang merupakan pembuat komponen lisensi resmi dari pemegang merek Jeep. MD Juan khusus membuat komponen Jeep – Jeep tua. Beberapa waktu silam JIP pernah menyambangi MD Juan.






Proses perburuan komponen orisinal ternyata juga unik. Karena dilakukan melalui beragam cara. Mulai dari hunting ke daerah, menggali informasi dari sesama penyuka Jeep tua hingga browsing di internet. “Banyak komponen langka yang aku peroleh dari situ Ebay. Seru lho mengikuti proses lelangnya. Meskipun kadang harganya lumayan mahal tapi sebandinglah nilainya. Karena barangnya kan banyak yang sudah susah dicari di Indonesia,” cerocos salah satu anggota Jakarta American Jeep (JAJ) ini.

Ketika sesi pemotretan di workshop miliknya di kawasan BSD, JIP juga diajak melihat berbagai koleksi komponen yang dikumpulkannya. Mulai dari ban hingga berbagai pernak-pernik lainnya. “Sekarang aku sedang menyelesaikan restorasi Willys MB38A1 serta 2 Willys milik sesama penyuka jip tua. Hehehe,” tutup Nono.






Spesifikasi Teknis
 Sasis  : OEM Jeep Willys MB 1944
 Bodi  : Jeep Willys MB 1944 - Reproduksi by MD – Juan
 Mesin  : Willys Go-Devil, 4 silinder segaris
 Volume  : 2.199 cc
 Pasokan Bensin  : Karburator modifikasi
 Girboks  : Warner T-84J 3 Speed Synchromesh
 Transfer case  : Dana Spicer 18 2 Speed
 Jok  : Repro Kanvas
 Soft Top  : Repro
 Dudukan Senjata  : Orisinal
 Tangki  :orisinal
 Ban  : Firestone Ground Grip Military R16x6
 Pelek  : Split Rim Combat Wheels R16x6
 Gardan  : Dana 25 (depan-belakang)
 Final Gir  : 8:39
 Antena  : Orisinal
 Bengkel  : Dikerjakan sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar